Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa

beasiswa_kampung_inggris

Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa –Beasiswa tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Semua kalangan baik dari kalangan menengah ke bawah maupun kalangan menegah ke bawah bersaing untuk mendapatkan beasiswa. Tentunya jika dibayangkan perbandingan antara pelamar beasiswa dengan jumlah yang diterima akan membuat seseorang menjadi pesimis untuk melamar beasiswa. Sebenarnya mendapatkan beasiswa itu sangatlah mudah. Anda harus tahu tips dan triknya. Simak penjelasan berikut.

  1. Banyak-banyaklah berdo’a

Berdo’a adalah hal yang sangat penting dalam proses mendapatkan beasiswa. Lakukanlah hal-hal yang membuat do’a cepat terkabul. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba sebelum atau selama proses melamar beasiswa, namun kami menyarankan dua hal berikut, pertama berbaktilah kepada orang tua. Meskipun hal tersebut memang suatu keharusan dalam sebuah keluarga, tapi cobalah untuk lebih mecintai orang tua Anda, buatlah orang tua Anda bahagia karena perbuatan Anda bahkan jika Anda bisa, buatlah orang tua kalian menangis bahagia. Saat itulah secara otomatis akan keluar do’a yang akan memudahkan langkah kita. Hal kedua adalah sedekah. Bersedekahlah kepada anak yatim, mintalah do’a dari mereka. Dan langkah terakhir adalah serahkan semua hasilnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

2. Cerdik melihat peluang

Banyak sekali institusi yang memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Jangan terpaku pada salah satu beasiswa saja. Lamar setidaknya 3 beasiswa yang memberikan beasiswa di bidang yang Anda minati karena kita tidak pernah tahu di mana tempat terbaik yang direncanakan Tuhan untuk kita melanjutkan pendidikan.

3. Penuhi persyaratannya

Carilah informasi sedetail-detailnya mengenai beasiswa yang akan kita lamar. Siapkan semua persyaratan yang mereka butuhkan, jangan lewatkan satupun. Karena bisa jadi aplikasi Anda tidak akan diproses.

4. Motivation letter

Jangan pernah membuat motivation letter ala kadarnya. Siapkan motivation letter jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran. Mintalah saran dari dosen atau orang yang Anda kenal dan pernah mendapatkan beasiswa. Revisi dan revisi motivation letter Anda hingga menghasilkan tulisan yang sempurna.

5. Mintalah surat rekomendasi dari dosen atau atasan

Pemberi beasiswa biasanya mensyaratkan surat rekomendasi dalam aplikasinya. Mintalah surat rekomendasi sesuai petunjuk yang tertera di website pemberi beasiswa atau pada form yang telah disediakan. Mintalah surat rekomendasi dari dosen yang benar-benar mengenal Anda dan memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Misalnya Anda bisa memilih untuk meminta surat rekomendasi dari dosen dengan pendidikan terakhir S3 daripada dosen dengan pendidikan terakhir S2. Anda juga bisa meminta surat rekomendasi dari dosen yang memiliki jabatan penting di kampus, karena hal tersebut bisa menjadi pertimbangan pihak pemberi beasiswa.

Jika Anda sudah bekerja, Anda juga bisa meminta surat rekomendasi dari atasan Anda atau orang yang memiliki jabatan penting di tempat Anda bekerja.

6. Pelajari bahasa asing

Penguasaan bahasa asing hampir selalu ada dalam persyaratan beasiswa. Belajarlah bahasa asing sesuai dengan yang disyaratkan pemberi beasiswa. Jika diminta sertifikat TOEFL atau IELTS maka belajarlah bahasa Inggris untuk memenuhi skor minimal yang dibutuhkan. Akan lebih baik jika skor yang Anda dapatkan melebihi skor minimal karena hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pemberi beasiswa. Anda bisa belajar bahasa asing secara mandiri melalui buku atau dari youtube. Namun jika Anda kesulitan untuk belajar sendiri, Anda bisa mengambil kursus bahasa asing.

Apakah semakin mantap langkah Anda melamar beasiswa? Yakinlah bahwa Anda pasti mendapat beasiswa impian Anda dan jangan menyerah saat kegagalan menyapa Anda. Bisa jadi kesuksesan berada satu step di depan sebelum Anda menyerah. Semoga berhasil mendapatkan beasiswa impian Anda.

Created By Erna Setiawati (Scholarship Student in Interpeace Course)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *