TAMAN KILISUCI SEBAGAI WISATA GRATIS DI KAMPUNG INGGRIS

kampung inggris kilisuci

TAMAN KILISUCI SEBAGAI WISATA GRATIS DI KAMPUNG INGGRIS, Siapa yang tak kenal Pare Kediri selama sudah sangat terkenal, karena mempunyai Kampung Inggris yang banyak didatangi pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah tanah air. Pembangunan taman kota yang diberi nama Taman Kilisuci di Pare menjadi semakin tepat untuk menunjang kegiatan wisata pendidikan di kecamatan tersebut.

Mengenal Sekilas Taman Kilisuci

Menempati alun-alun Kecamatan Pare, Taman KILISUCI yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Pembangunan obyek wisata alam berkonsep taman kota ini dilakukan pasca diraihnya penghargaan Adipura atau pada akhir tahun 2013 lalu.

Selain untuk sarana ruang publik, pembangunan taman kota ini juga dimaksudkan untuk mendukung pengembangan UMKM yang memang digalakkan oleh Pemkab Kediri. Karena itu taman ini dilengkapi dengan sentra food court yang tertata rapi dan diisi oleh para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Pare.

Dipilihnya “Kilisuci” sebagai nama Taman Kota, karena Kilisuci adalah sosok yang sangat diagungkan oleh masyarakat Kediri. Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, Dewi Kilisuci adalah nama pilihan Sanggramawijaya Tunggadewi, putri dari Raja Airlangga sang pewaris tahta Kerajaan Kahuripan yang lebih memilih untuk menjadi resi.

Setelah melepaskan tahta sehingga Kahuripan dibagi dua jadi Kerajaan Kadiri dan Kerajaan Jenggala, Sanggramawijaya Tunggadewi menghabiskan sisa hidupnya dengan bertapa di Goa Selobale serta berganti nama menjadi Dewi Kilisuci.

Daya Tarik Taman Kilisuci

Meski tidak seberapa luas, Taman Kilisuci lebih dari cukup untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama dengan keluarga, tempat belajar outdoor anak anak Kampung Inggris. Suasana taman yang ditata indah, dijamin bakal membuat siapapun betah untuk berlama-lama di dalamnya.

Secara umum taman ini terbagi atas dua kawasan, yaitu area Utara dan Selatan. Area Utara mempunyai dataran yang lebih tinggi, dihiasi pepohonan yang rindang dan dilengkapi dengan tempat duduk, kolam air mancur yang berisi berbagai jenis ikan, area Wi-Fi serta beberapa kios yang menjual makanan ringan.

Area Selatan yang lokasinya lebih luas juga dipenuhi dengan beberapa jenis pohon yang bagian batangnya ditempeli papan bertuliskan jenis dari tanaman tersebut. Area ini dilengkapi dengan jogging track yang panjang, fasilitas bermain bagi anak-anak serta tempat untuk refleksi telapak kaki.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan dan minuman, di pojok taman sebelah Barat, bisa ditemui sentra food court yang diisi para pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai macam kuliner khas Kota Kediri dengan harga ramah di kantong. Liburan bersama keluarga di Taman Kilisuci Kediri, tidak saja menyenangkan, tapi juga gratis.

sumber : http://vivahotelkediri.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Klik Customer Service kami untuk menghubungi kami melalui Whatsapp atau telpon langsung di nomor 085648136030

× Ada yang bisa kami bantu ??
Scroll to Top